Hari Pendidikan Nasional 2012 Bangkitnya Generasi Emas Indonesia

Tanggal 2 Mei adalah Hari Pendidikan Nasional. Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hajar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk makin memperkokoh kesadaran dan komitmen bangsa akan pentingnya pendidikan bermutu bagi masa depan bangsa. Untuk tahun 2012 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan tema ’’Bangkitnya Generasi Emas Indonesia’’.

Logo Hari Pendidikan Nasional 2012 disajikan dengan simbolisasi logam mulia yang mengandung makna sebuah inspirasi pemerintah yakni pembangunan pendidikan nasional diharapkan melahirkan generasi berkilau, memiliki harkat dan martabat yang bernilai tinggi (mulia).

Generasi berkilau atau Generasi Emas adalah generasi yang memiliki karakter yang berkarkat dan bermartabat untuk mempertahankan eksistensi dalam membangun bangsa. Karena arah perkembangan bangsa sangat sulit dibentuk tanpa adanya karakter.

Menurut Mendiknas M Nuh, ada 4 langkah yang harus ditempuh untuk menerapkan pendidikan karakter.

  1. Harus ada perubahan paradigma dalam proses dan sistem pendidikan atau belajar-mengajar.
  2. Peran staf pengajar (guru) yang berfungsi sebagai role model atau keteladanan harus ditonjolkan.
  3. Membangun kultur dalam tiap lembaga pendidikan yang bersumber dari budaya yang ada sebagai media kondusif untuk membentuk karakter.
  4. Perlunya dukungan terhadap regulasi sistem pendidikan.

Namun, jangan lupa disamping akan lahirnya Generasi Emas Indonesia yang akan menjadikan bangsa ini berharkat dan bermartabat, akan lahir juga generasi baru yang bernama parasit pendidikan. Mereka akan mengambil apa saja dan merusak dunia pendidikan. Mereka tidak menghidupi dunia pendidikan, tetapi mencari hidup dari dunia pendidikan.

Di benak mereka tidak ada hal lain, selain kepentingan pribadi atau golongan yang ingin dicapainya. Sehingga tak peduli dengan maju atau mundurnya dunia pendidikan yang terpenting adalah perut mereka sendiri.

Maka sudah seharusnya pemerintah, guru, orang-orang yang bergelut di dunia pendidikan dan seluruh masyarakat kompak dalam melahirkan Generasi Emas untuk mencapai Bangsa yang Berharkat dan Bermartabat.

Satu pemikiran pada “Hari Pendidikan Nasional 2012 Bangkitnya Generasi Emas Indonesia

  1. Ping balik: Makna Hari Kebangkitan Nasional Ke 104 Tahun 2012 « dansonline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s